Daftar Kado untuk Pernikahan

Thursday, July 19, 2018
Jika ditanya, "Pilih uang atau kado?", kamu jawab apa?

Biasanya gitu ya kalau ada yang nikah (misalnya), kita mengumpulkan uang atau dikenal dengan istilah "kolekan" / patungan yang nantinya akan diberikan ke yang bersangkutan, baik dalam bentuk hadiah/kado atau wujud uang.

Nah, kalau diberi pilihan, lebih milih yang mana? Masing-masing punya kelebihan dan kekurangannya ya.

Uang
+ bisa digunakan untuk keperluan apapun; bayar listrik, belanja, bahkan tambahan modal usaha
- habis dipakai (tidak berwujud barang) sehingga tak ada kesan yang berarti

Kado
+ lebih berkesan, selain bermanfaat tentunya bisa mengenang pemberian orang lain
- jika banyak barang yang sama, tak semuanya bisa dipakai

Baik uang ataupun kado, aku terima dengan tangan terbuka. Toh, sama-sama memberi manfaat, ya kan? Sekarang yang jadi pertanyaannya, kado apa sih yang cocok diberikan untuk pernikahan?

Berdasar kado yang ku terima saat menikah kemarin, berikut aku buatkan daftar kado untuk pernikahan. Lumayan buat referensi kalau nanti mau memberi kado untuk teman/saudara yang menikah.

1. Peralatan Masak
Suka atau tidak suka masak, rasanya peralatan masak tetap dibutuhkan deh, minimal bisa buat masak air dan nasi, ya kan? Ada banyak pilihan yang bisa diberikan. Contoh : kompor gas, blender, mixer, rice cooker, microwave, oven dan sebagainya.

Sebenarnya agak sayang kalau peralatan-peralatan itu jumlahnya lebih dari satu untuk satu jenis barang, misal blender dapat dua, rice cooker dapat tiga. Masa pakai peralatan itu kan cukup lama, kalau yang lain disimpan untuk cadangan, takutnya udah rusak duluan karena kelamaan disimpan. Tapi ya nggak papa juga sih, bisa dimanfaatkan dengan cara diberikan ke saudara yang membutuhkan.

Akan tetapi, kalau peralatan masak seperti panci, wajan, dan sebangsanya jumlahnya banyak, rasanya takkan jadi masalah.

2. Peralatan Makan
Peralatan makan ini sudah pasti dibutuhkan dan bermanfaat. Biasanya berbentuk cangkir couple, set teko dan gelas, mangkuk, tempat sayur, dan sebagainya. Rasanya jarang ada yang ngasih piring dan sendok-garpu. Apa cuma perasaanku aja ya? Haha.

Termos air panas, kayaknya boleh juga deh. Masuk peralatan makan bukan sih? Haha.

3. Peralatan Elektronik
Agak berat di biaya ya kalau kita mau ngasih kado barang-barang elektronik. Untuk pribadi, pilihan yang masih bisa dijangkau antara lain setrika dan kipas angin. Kalau rombongan, mungkin bisa memberikan kulkas, mesin cuci, TV, dispenser. Yakin deh, yang diberi pasti sangat-sangat berterima kasih. Tapi mending dipastikan dulu, apakah mereka sudah punya barang-barang tersebut atau belum.

4. Peralatan Sholat
'Ngapain kasih kado alat sholat? Kan biasanya udah jadi mahar nikah!' Aku sih pernah mikir gitu, tapi ternyata dapet kado alat sholat itu bermanfaat juga lho. Bisa dipakai kalau alat sholat yang ada sedang dicuci atau kalau misal di rumah sedang ada tamu, kita bisa menyediakan alat sholat, contohnya sajadah, mukena, sarung.

5. Peralatan Plastik
Pasti kita tidak asing dengan merk terkenal Tupperware yang menyediakan peralatan plastik untuk wadah penyimpanan. Dengan berbagai bentuk, warna, ukuran, semuanya pasti bisa digunakan. Kalaupun banyak yang memberikan kado jenis ini, takkan jadi masalah, bisa dimanfaatkan sesuai kebutuhan.

6. Handuk
Sebelum nikah, aku sempat kepikiran 'Duh, nggak punya handuk. Masak iya pindahan bawa handuk yang lama?' Setelah buka kado, ternyata ada yang memberikan handuk, 'wah, ku beruntung!' Langsung ambil salah satu dan dipakai deh. Sisa handuk yang lain disimpan dulu. Hehe.

7. Baju Tidur
Ada juga lho yang memberikan baju tidur sebagai kado pernikahan. Lumayan kan, mau tidur pakai baju baru. Muehehe. Kalau mau ngasih kado lingerie juga bisa tuh. Biasanya kan manten baru malu-malu untuk beli baju yang begitu terbuka O_O

8. Tas Wanita 
Sebenarnya tas ini barang tersier yah, artinya belum dibutuhkan dalam waktu dekat setelah menikah. Tapi bisa banget buat nambah koleksi tas, bisa buat gonta-ganti kalau lagi jalan kemana.

Anyway, thanks ya @dzakiyabags untuk kado tasnya. Semoga jualannya tambah lancar. Temen-temen boleh lho kalau mau beli tas / dompet ke dia. Insyaalloh amanah :)

9. Selimut
Salah satu kado yang langsung ku manfaatkan adalah selimut. Karena pada dasarnya emang nggak punya selimut sih. Haha. Ada pula yang memberikan dalam bentuk balmut (bantal-selimut), bisa dipakai sebagai bantal atau selimut. Enak deh, jadi bantal empuk, jadi selimut anget. Hihi.

10. Sprei / Bed Cover
Nah ini nih kado yang paling banyak diberikan. Bukan nggak bermanfaat sih, tapi karena yang memberikan banyak, jadi harus antri buat dipakai. Tapi kalau tak satupun yang memberi kado ini, bingung juga kalau mau ganti-ganti sprei, haha.

Nah, itulah sepuluh ide inspirasi kado untuk pernikahan. Ada yang ingin menambahkan?

Kalau kamu, ingin dikado apa di hari pernikahanmu?

3 comments:

  1. Wahh pas banget mbak, 5 dr 10 kado di atas ada juga loh di daftar kado pernikahan yg saya terima hehe. Alhamdulillah semua bermanfaat, kl pun berlebih bs dikasih lg ke orang lain hehe.

    Thanks for sharing mbak, salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah ya :D

      Salam kenal juga Mbak :)

      Delete
  2. Ini daftarnya bener bangeet. Sprei paling bnyk tapi ya akhirnya kepake

    ReplyDelete

Terima kasih telah mengunjungi Wamubutabi :)
Silahkan tinggalkan jejak ^^

Powered by Blogger.