[Resensi] Ceros dan Batozar - Tere Liye

Monday, May 28, 2018
cover via www.goodreads.com
Judul : Ceros dan Batozar
Penulis : Tere Liye
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama
Tebal Buku : 376 hlm; 20 cm
Kota Terbit : Jakarta
Tahun Terbit : 2018
Harga : Rp. 95.000,-
Sinopsis Buku: 
Awalnya kami hanya mengikuti karyawisata biasa seperti murid-murid sekolah lain. Hingga Ali, dengan kegeniusan dan keisengannya, memutuskan menyelidiki sebuah ruangan kuno. Kami tiba di bagian dunia paralel lainnya, menemui petarung kuat, mendapat kekuatan baru serta teknik-teknik menakjubkan. Dunia paralel ternyata sangat luas, dengan begitu banyak orang hebat di dalamnya. 

Kisah ini tentang petualangan tiga sahabat. Raib bisa menghilang. Seli bisa mengeluarkan petir. Dan Ali bisa melakukan apa saja.

***

Buku ini merupakan buku ke-4,5 dari serial BUMI. Mungkin kedengarannya lucu ya, desimal gitu, tapi sebenarnya bukan hal aneh ketika dibuatkan satu buku yang dijadikan penghubung antara buku sebelum (BINTANG) dengan buku selanjutnya, KOMET. Di dunia perfilman juga seperti itu bukan?


Novel "Ceros dan Batozar", sesuai dengan judulnya, buku ini terdiri dari dua cerita yang berbeda;
1. Ceros
2. Batozar

Keduanya tidak saling berhubungan tapi melengkapi petualangan Raib, Seli, dan Ali, serta ILY versi 5.0 yang kini dilengkapi fitur suara Ily, sahabat mereka yang meninggal saat Festival Bunga Matahari.

Baca : [Resensi] Bulan - Tere Liye 

***

Ceros

Saat Raib dan teman sekelasnya mengikuti karyawisata ke sebuah bangunan kuno bersejarah, Ali justru sibuk sendiri tanpa mendengarkan penjelasan guru mereka. Alat buatannya mendeteksi adanya dunia paralel berskala besar. Tanpa sepengetahuan Raib dan Seli, Ali sudah memanggil ILY dengan mode tidak terlihat.
Melihat ada yang aneh dengan sahabatnya, Raib dan Seli menemui Ali. Ali menjelaskan kondisinya. Mereka pun sepakat mencari tahu.

Bersama ILY, mereka masuk ke perut bumi, tepat di bawah bangunan kuno. Tempat itu bernama Bor-O-Bdur. Di pintu masuk lorong tersebut, terdapat dua patung manusia berkepala badak. Saat memasuki ruangan itu, tak ada bahaya yang mengancam. Hingga matahari di ruangan tersebut terbenam, mereka diserang manusia berkepala badak. Tak hanya satu, tapi ada dua.

Selama satu jam mereka bertarung, mereka sudah kehabisan tenaga. Badak-badak itu sangat kuat. Sebentar lagi mereka akan kalah. Tapi sebelum itu terjadi, matahari di ruangan sudah kembali terbit. Kedua badak tadi tetiba menghilang, digantikan dua pria kembar yang baik hati menolong mereka. Kedua orang itu adalah Nglanggeran dan Nglanggeram. Mereka dari klan Aldebaran.

Nglanggeran dan Nglanggeram menjelaskan tentang keberadaan badak atau mereka menyebutnya ceros. Mereka juga mengatakan bahwa tidak ada jalan keluar dari ruangan tersebut. Ruangan itu sudah diberi tameng agar kedua ceros tidak bisa keluar karena jika ceros keluar mereka bisa menghancurkan bumi di permukaan. Hanya ada satu bisa keluar dari ruangan itu, mereka harus menggunakan sesuatu yang bisa mengubah ceros ke wujud aslinya. Namun, sesuatu itu sudah dicuri ribuan tahun lalu. Itu artinya mereka terjebak selamanya disana.

Apakah Raib, Seli, dan Ali bisa keluar dari ruangan itu dan kembali bergabung dalam karyawisata?

***

Batozar

Seminggu setelah karyawisata, ada berita menggemparkan; sebuah UFO tertangkap kamera di situs bangunan kuno. Mendengar berita tersebut, Raib marah pada Ali karena menganggap UFO itu adalah ILY dalam mode terlihat. Ali begitu ceroboh. Apa itu artinya mereka bisa keluar dari ruangan Ceros? Bagaimana mereka bisa keluar?

Setelah dikonfirmasi, UFO itu bukanlah ILY. Miss Selena yang menjelaskan semuanya. Itu adalah kapsul yang dicuri oleh Batozar Sang Penjagal, tahanan Klan Bulan yang sudah dipenjara selama 100 tahun karena kejahatannya membunuh keluarga Ketua Komite Klan Bulan sebanyak 14 orang. Kini dia melarikan diri, mencuri kapsul terbang itu, dan berada di Klan Bumi.

Miss Selena menyusun strategi untuk menangkap Batozar bersama Pasukan Klan Bulan. Dia memerintahkan agar Ali, Raib, dan Seli tidak perlu ikut pencarian karena sangat membahayakan. Batozar adalah pengintai yang hebat.

Sungguh tak terduga ternyata mereka bertigalah yang pertama kali melihat Batozar. Wajahnya begitu menyeramkan. Tapi tentu saja tak menyurutkan niat mereka untuk mencari tahu lebih lanjut. Ali bahkan menempelkan alat pelacak di tubuh Batozar. Tak lupa mereka memberi tahu Miss Selena.

Mengetahui posisi Batozar, Miss Selana, Pasukan Klan Bulan, serta Raib, Seli, Ali segera menemui Batozar.

Batozar tidak melarikan diri saat ditemukan. Wajahnya dingin, seakan tidak peduli. Dia justru sedang asyik melukis. Pasukan Klan Bulan memberikan tawaran pada Batozar agar menyerahkan diri secara sukarela, jika tidak, mereka akan membunuhnya. Batozar menolak. Hanya dengan tangan kosong, Batozar bisa mengalahkan Pasukan Klan Bulan dan Miss Selena. Raib, Seli, Ali tak bisa tinggal diam. Mereka membantu menolong.

Disaat itulah Batozar mengetahui tujuannya ternyata sudah dekat sekali. Dia mencari Raib, Putri Bulan yang bisa berbicara dengan alam. Batozar ingin Raib memutarkan kenangan anak dan istri Batozar. Dia hanya ingin mengingat wajah anak dan istrinya yang sudah lama terlupakan.

Karena Raib tak bisa mengeluarkan kekuatan itu dengan mudah, akhirnya Batozar membawa Raib, juga Seli dan Ali, ke tempat yang sangat jauh meninggalkan Miss Selena dan Pasukan Klan Bulan. Batozar menggunakan cermin sebagai portal untuk berpindah tempat.

Apakah pada akhirnya Raib bisa memenuhi permintaan Batozar?

***

Cukup emosional membaca kisah Batozar. Bagaimana bisa Raib memutarkan kenangan orang lain sementara dia sendiri tak mampu mengetahui kisahnya sendiri, siapa orang tua kandung Raib. Apakah suatu saat Raib dengan kekuatannya berbicara dengan alam dia mampu memutar kenangan hidupnya dan mengetahui orang tua kandungnya?

9 comments:

  1. Jadi pertanyaan nya sekarang adalah, lebih baik baca Ceros & Batozar dulu baru Komet, atau Komet dulu baru Ceros & Batozar?

    ReplyDelete
  2. Ceros & Batozar itu buku terakhir serial bumi atau masih ada lanjutannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bantu jawab, masih ada lanjutannya kak, yaitu serial komet ^_^

      Delete
  3. ceros dan batozar itu penting bgt untuk dibaca/cuma info2 tambhn aja kak? aku beli yg komet dluan soalnya hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo menurutku cuma cerita pelengkap aja sih,
      di novel Komet nanti ada beberapa bagian yang me-refer ke cerita ceros dan batozar

      Delete
  4. Sore ini mau otw, beli Ceros & Batozar dan Komet.

    ReplyDelete
  5. yahhh, yg kebeli komet dulu. ngaruh ga si? maksudnya bakal bingung ga baca komet duluan?

    ReplyDelete

Terima kasih telah mengunjungi Wamubutabi :)
Silahkan tinggalkan jejak ^^

Powered by Blogger.