12

[Resensi] Matahari - Tere Liye

Judul : Matahari
Penulis : Tere Liye
Penerbit : Gramedia
Tebal Buku : 400 hlm; 20 cm
Kota Terbit : Jakarta
Tahun Terbit : 2016
Harga : Rp. 82.000 (http://tbodelisa.blogspot.com/)

Sinopsis Buku:  
Namanya Ali, 15 tahun, kelas X. Jika saja orangtuanya mengizinkan, seharusnya dia sudah duduk di tingkat akhir ilmu fisika program doktor di universitas ternama. Ali tidak menyukai sekolahnya, guru-gurunya, teman-teman sekelasnya. Semua membosankan baginya.

Tapi sejak dia mengetahui ada yang aneh pada diriku dan Seli, teman sekelasnya, hidupnya yang membosankan berubah seru. Aku bisa menghilang, dan Seli bisa mengeluarkan petir.

Ali sendiri punya rahasia kecil. Dia bisa berubah menjadi beruang raksasa. Kami bertiga kemudian bertualang ke tempat-tempat menakjubkan.

Namanya Ali. Dia tahu sejak dulu dunia ini tidak sesederhana yang dilihat orang. Dan di atas segalanya, dia akhirnya tahu persahabatan adalah hal yang paling utama.

***

Buku MATAHARI ini merupakan buku ketiga dari serial BUMI. Dalam buku ini kembali menceritakan petualangan Raib dan kedua sahabatnya, Seli dan Ali. Jika sebelumnya di novel Bulan, mereka melakukan perjalanan di Klan Matahari, maka di novel Matahari ini, mereka berpetualang di Klan Bintang, sebuah klan yang hanya dianggap legenda karena nyaris tak satupun orang tahu dimana klan ini berada.

Berbekal "oleh-oleh" dari Av (setelah kepulangan dari Klan Matahari), Ali mempelajari banyak hal. Oleh-oleh tersebut berbentuk tabung yang berisi soft copy buku-buku di perpustakaan milik Av. Ali dengan segala rasa penasarannya mempelajari seluruh buku itu. Dia sangat tertarik mempelajari teknologi Klan Bulan dan Klan Matahari. Ia pun berhasil "menghidupkan kembali" Ily (teman berpetualang saat di Klan Matahari). Tidak, Ily tidak hidup kembali. Ali membuat sebuah kapsul perak yang diberi nama ILY. Kapsul itu mempunyai kekuatan gabungan antara Klan Bulan dengan Klan Matahari. Ia dapat menghilang dan mengeluarkan petir.

Dari mempelajari buku-buku itu pula, Ali berhasil menemukan keberadaan Klan Bintang. Ia sangat antusias mengunjungi Klan tersebut. Sebenarnya, Ali, Raib, dan Seli bisa saja kesana dengan menggunakan 'buku matematika' milik Raib, seperti petualangan-petualangan sebelumnya. Hanya saja, Raib sudah berjanji kepada Av dan Miss Selena agar tidak mempergunakannya tanpa seijin mereka. Akhirnya petualangan ke Klan Bintang pun dimulai dengan mengendarai ILY, kapsul perak buatan Ali.

Dugaan Ali mengenai letak dimana Klan Bintang berada, sungguh sangat tepat. Mereka, meski harus menghadapi ular dan kelelawar raksasa, akhirnya sampai juga di Klan Bintang. Hanya saja, saat mereka sudah sampai sana, mereka justru menjadi buronan yang keberadaannya dianggap sebagai ancaman.

Apa yang terjadi?

***

Ada yang menarik dari Buku ketiga serial Bumi ini. Disini diceritakan, Raib mulai menemukan titik terang siapa orang tua yang sebenarnya. Meski kenyataannya, ibu kandung Raib telah meninggal saat melahirkannya. Raib pun mulai memahami Buku Kehidupan miliknya. Buku itu tak hanya bisa membuka portal yang bisa mengantar Raib kemana saja, namun lebih dari itu, buku itu menyimpan banyak cerita hebat. Selain itu, disini juga diceritakan sebagian kisah dari si Tanpa Mahkota. Misteri satu persatu terungkap.

Terlepas dari jalan cerita yang apik, ternyata beberapa ditemukan typo (kesalahan ketik) yang mungkin akan mengganggu sebagian pembaca:

Aku tersenyum tpis. Melihat Ali jengkel kadang menyenangkan (hal. 79)
“Anak itu pastil genius sekali,” Papa berkomentar, saat jeda sebentar (hal. 105)
Seandinya pun gagal, aku akan terus berusaha, lagi, lagi, dan lagi.” (hal. 363)
Getaran itu melewati tubuku dan Ali begitu saja. (hal. 367)

Dan bukan Tere Liye namanya jika dibuku karangannya tidak terdapat nilai/ilmu yang bisa kita pelajari. Beberapa hal yang bisa kita peroleh di buku Matahari ini antara lain;

“Lapisan – lapisan bumi secara sederhana dibagi menjadi tiga. Paling atas disebut dengan lithosphere atau crust ....” , “Lapisan kedua disebut mantle....” , “Lapisan ketiga atau terakhir disebut inti bumi, yang dibagi menjadi dua, outer core dan inti core. ...” (hal. 124 – 125)

“Kebanyakan ular merasakan getaran udara melalui organ yang disebut membran typhani. Ular akan mendeteksi segala sesuatu yang ada di sekitarnya dengan menggunakan lidahnya yang bercabang. Itulah sebabnya mengapa ular sering menjulurkan lidah." (hal. 142)

“Ubur-ubur abadi tidak pernah mati. Ditemukan di Laut Mediterania dan perairan Jepang, ubur-ubur ini bisa bertransformasi, mengubah sel-selnya dari usia dewasa kembali menjadi bayi, begitu seterusnya." (hal. 185)

“Hidup ini adalah petualangan, Ali. Semua orang memiliki petualangannya masing-masing, maka jadilah seorang petualang yang melakukan hal terbaik." (hal. 362)

Luar biasa ya riset yang dilakukan Tere Liye sebelum menulis novel. Riset-riset yang dilakukannya ini membuat kita mendapatkan ilmu baru / mengingatkan kembali ilmu yang sudah kita pelajari, saat membaca novel karangannya. Alhasil, novelnya tidak hanya menghibur, tapi justru menambah pengetahuan kita.

***

Buku Matahari ini tentunya sangat ditunggu-tunggu bagi kita yang mengikuti serial Bumi. Serial karya Tere Liye ini memang sangat menarik. Ada empat buku yang menceritakan petualangan dari tiga bersahabat, Raib dari Klan Bulan, Seli dari Klan Matahari, dan Ali dari Klan Bumi. Namun, entah ini kesengajaan atau tidak, (menurutku) ada yang ganjil;

Buku pertama, Bumi => kisah petualangan di Klan Bulan
Buku kedua, Bulan => kisah petualangan di Klan Matahari
Buku ketiga, Matahari => kisah petualangan di Klan Bintang
Buku keempat, Bintang => kisah petualangan di ... ? Bumi, kah? Mari kita tunggu buku keempat ini :)

12 comments:

  1. Wah, udah terbit ya? Kayaknya seru ya petualangannya? Harus beli nih :)
    Dan ternyata masih ada seri keempat. Woww..

    ReplyDelete
  2. Jadi pengen beli buku yang satu ini neh

    ReplyDelete
  3. Ayo ayo dibeli... mumpung masih fresh :D

    ReplyDelete
  4. keren resensi nya, makasih ya bias jadi inspirasi bikin resensi

    ReplyDelete
  5. saya sangat suka membaca novel tere liye

    ReplyDelete
  6. setiap baca novel atau apapun tere liye bawaan nya baper, dan selalu menyentuh hati:) janga lypa kunjungi yaa JASA SERVICE IPHONE IMAC MACBOOK IPADIPOD DI BANDUNG DAN HARGA TERMURAH

    ReplyDelete
  7. Nunggu seri selanjutnya bang...
    Ayo..segera terbit novel Bintang..
    Ending novel matahari nanggung...pasti jawabannya ada di novel Bintang..

    ReplyDelete
  8. suka sama gaya penulisan tere liye

    ReplyDelete
  9. Di novel matahari ini awal perjalan mereka ke klan bintang, suka sekali

    Untuk Ebook Novel Matahari oleh Tere Liye.

    Silahkan download disini : http://www.indoebook99.xyz/2017/06/matahari.html

    ReplyDelete
  10. loh katanya ada lanjutanya kapan terbitnya.. nunggu niiihh

    ReplyDelete
    Replies
    1. lanjutan Matahari udah terbit Kak, yang judulnya Bintang.

      Klo lanjutan Bintang, judulnya Komet, tapi masih belum tahu kapan terbitnya :)

      Delete

Terima kasih telah mengunjungi Wamubutabi :)
Silahkan tinggalkan jejak ^^

Powered by Blogger.
Back to Top